Blue Modern Company Digital Web Agency Email Header (3)

KURIKULUM MAN 1 MAJALENGKA

Selamat datang di halaman Kurikulum MAN 1 Majalengka!

Kami berkomitmen untuk menghadirkan kurikulum yang berkualitas, inovatif, dan berbasis nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila serta Profil Pelajar Rahmatan lil-Alamin. Kurikulum di MAN 1 Majalengka dirancang untuk membekali siswa dengan pengetahuan, keterampilan, dan karakter yang kuat, sehingga siap menghadapi tantangan masa depan, baik dalam dunia akademik, profesional, maupun kehidupan bermasyarakat.

Komponen Kurikulum MAN 1 Majalengka:

📌 Kurikulum Merdeka & K-13 – Pendekatan pembelajaran yang adaptif, berbasis proyek, dan sesuai dengan perkembangan zaman.
📌 Mata Pelajaran – Pembelajaran berbasis sains, sosial, keagamaan, dan keterampilan untuk membentuk lulusan yang unggul dan berdaya saing.
📌 Program Keagamaan – Penguatan pendidikan Islam yang mencerminkan nilai Rahmatan lil-Alamin, seperti Tahfidz, Kajian Kitab Kuning, dan Penguatan Akhlakul Karimah.
📌 Pembelajaran Berbasis Teknologi – Pemanfaatan media digital dan platform e-learning untuk mendukung proses belajar yang lebih efektif dan inovatif.
📌 Asesmen & Evaluasi – Sistem penilaian yang komprehensif untuk mengukur capaian akademik dan perkembangan karakter siswa.

Dengan kurikulum yang berorientasi pada penguatan ilmu pengetahuan dan nilai-nilai keislaman, MAN 1 Majalengka siap mencetak generasi yang cerdas, berkarakter, dan siap bersaing di era global.

📞 Untuk informasi lebih lanjut, silakan hubungi bagian kurikulum atau datang langsung ke kampus kami.

STRUKTUR KURIKULUM MADRASAH ALIYAH (MA)

KURIKULUM MERDEKA

Madrasah dapat mengorganisasikan muatan pembelajaran intrakurikuler dan pembelajaran berbasis proyek secara terpadu atau simultan. Dalam kaitan ini madrasah dapat menggunakan atau memilih pendekatan mata pelajaran atau tematik secara bebas sesuai kebutuhan pembelajaran siswa yang diprogramkan.  Bentuk pembelajaran dapat dilakukan secara kolaboratif beberapa mata pelajaran dalam mendukung satu tema yang di dalamnya dikelola melalui pembelajaran berbasis proyek, sehingga capaian intrakurikuler dapat diwujudkan sekaligus penguatan karakter Pelajar Pancasila. Struktur kurikulum merdeka pada MA dan MAK secara umum terbagi menjadi 2 (dua), yaitu pembelajaran instrakurikuler dan pembelajaran berbasis proyek untuk penguatan karakter profil pelajar pancasila. Namun dalam implementasinya di madrasah pembelajaran intrakurikuler dan pembelajaran berbasis proyek dapat dilaksanakan sebagai satu kesatuan, bahkan memungkinkan diselenggarakan lintas mata pelajaran pada MA/MAK atau lintas aspek perkembangan anak pada RA. Struktur kurikulum merdeka pada jenjang Madrasah Aliyah (MA) secara umum terbagi menjadi 2 (dua), yaitu Fase E dan Fase F Fase E untuk kelas X; Mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial di kelas X MA tidak dipisahkan menjadi mata pelajaran yang lebih spesifik. Namun demikian, satuan pendidikan dapat menentukan bagaimana muatan pelajaran diorganisasi.  Pengorganisasian pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Ilmu Pengetahuan Sosial dapat dilakukan melalui beberapa pendekatan sebagai berikut: mengajarkan muatan Ilmu Pengetahuan Alam atau Ilmu Pengetahuan Sosial secara terintegrasi; mengajarkan muatan Ilmu Pengetahuan Alam atau Ilmu Pengetahuan Sosial secara bergantian dalam blok waktu yang terpisah; atau mengajarkan muatan Ilmu Pengetahuan Alam atau Ilmu Pengetahuan Sosial secara paralel, dengan JP terpisah seperti mata pelajaran yang berbeda-beda, diikuti dengan unit pembelajaran inkuiri yang mengintegrasikan muatan pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam atau Ilmu Pengetahuan Sosial tersebut. Fase F untuk kelas XI dan kelas XII. Fase F untuk kelas XI dan kelas XII, struktur mata pelajaran dibagi menjadi 6 (enam) kelompok utama, yaitu: kelompok mata pelajaran umum Setiap MA wajib membuka atau mengajarkan seluruh mata pelajaran dalam kelompok ini dan wajib diikuti oleh semua peserta didik MA. kelompok mata pelajaran agama Setiap MA wajib menyediakan paling sedikit 4 (empat) mata pelajaran dalam kelompok ini. kelompok mata pelajaran Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Setiap MA wajib menyediakan paling sedikit 3 (tiga) mata pelajaran dalam kelompok ini. kelompok mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Setiap MA wajib menyediakan paling sedikit 3 (tiga) mata pelajaran dalam kelompok ini. kelompok mata pelajaran Bahasa dan Budaya Kelompok mata pelajaran ini dibuka sesuai dengan sumber daya yang tersedia di MA. kelompok mata pelajaran Vokasi dan Prakarya Kelompok mata pelajaran Vokasi dan Prakarya dibuka sesuai dengan sumber daya yang tersedia di MA Untuk mengetahui Struktur Kurikulum Merdeka Jenjang Madrasah Aliyah (MA) yang sesuai dengan KMA 347 Tahun 2022 silahkan Sobat melihatnya pada tabel struktur kurikulum merdeka belajar beserta alokasi waktu belajaran per tahun berikut ini;







Scroll to Top